Sebuah Puisi yang Tidak Puitis: 9 Kewajiban Anggota DPRD

Menjadi anggota DPRD tidaklah mudah. Dibutuhkan mental, pemikiran, serta prinsip yang kuat agar tak salah melangkah. Jika salah langkah, maka habislah sudah. Hidup tak akan tenang, diliputi segala penyesalah karena melanggar sumpah.

Menjadi anggota DPRD haruslah siap. Siap menanggung semua kewajiban yang diamanatkan undang-undang. Siap berkomitmen untuk tidak mengecewakan segala dukungan.

Menjadi anggota DPRD haruslah siap mengamalkan Pancasila serta menaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku. Menjadi anggota DPRD harus mampu melaksanakan kehidupan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Menjadi anggota DPRD artinya wajib mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional serta keutuhan Negara Republik Indonesia. Menjadi anggota DPRD harus mampu memperjuangkan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah.

Menjadi anggota DPRD mesti bisa menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Menjadi anggota DPRD seyogianya mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan.

Menjadi anggota DPRD berarti memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada pemilih dan daerah pemilihannya. Menjadi anggora DPRD itu menaati peraturan Tata Tertib, Kode Etik, dan Simpah/Janji anggota DPRD. Menjadi anngota DPRD sepatutnya menjaga norma dan etika dalam hubungan kerja dengan lembaga-lembaga lain.

Saya, Respati Agus Sasangka, selaku Caleg nomor urut dua dari PAN Dapil Gamping-Mlati menyatakan siap menjalankan semua kewajiban sebagai anggota DPRD jika diberi kepercayaan nanti. Tanggung jawab yang berdasarkan Pasal 45 UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Maka dari itu, saya memohon doa dan dukungan dari kawan-kawan sekalian. Karena, sebuah perjuangan mencapai kemajuan tak bisa dilakukan sendirian.

This Post Has 3 Comments

Tinggalkan Balasan