Komisi DPR? Apaan tuh?

Waktu itu panas sekali, saya melihat berita di televisi, ada berita heboh sekali, anggota Komisi DPR RI studi banding ke Yunani. Kemudian berita itu jadi basi, tapi saya penasaran, apa sih itu komisi. Setelah saya cari-cari, Komisi DPR RI/DPRD adalah alat kelengkapan DPR yang bersifat tetap dan punya tugas sendiri-sendiri. Ada XI komisi di DPR RI periode 2014/2019, sedangkan untuk DPRD provinsi/kabupaten/kota terdiri dari 4 sampai 5 komisi.

Jumlah komisi tersebut ditentukan dan ditetapkan oleh DPR pada permulaan masa keanggotaan DPR dan permulaan tahun sidang. Sedangkan jumlah anggota tiap komisinya ditetapkan dalam rapat paripurna yang didasarkan pada perimbangan dan pemerataan jumlah anggota tiap fraksi.

Apa sih tugasnya komisi? Tugas komisi di DPR adalah membentuk undang-undang, mulai dari persiapan, penyusunan, pembahasan, hingga penyempurnaan undang-undang. Komisi DPR juga memiliki tugas anggaran dan pengawasan.

Macam-macam komisi DPRD Sleman

Masing-masing komisi punya bidang dan ruang lingkup masing-masing. Karena saya orang Sleman, maka saya akan membahas komisi di DPRD kabupaten Sleman periode 2014/2019 saja. Silahkan dicermati, biar kepala lebih berisi.

Komisi A

DPRD Sleman menyerahkan bidang pemerintahan pada komisi A. Komisi yang diketuai oleh Nuryanta ini bergerak di bidang tata pemerintahan, pemerintahan desa, huku, organisasi, kehumasan, sosial, politik. ketertiban masyarakat, pertahanan, kependudukan, kepegawaian, dan pengawasan.

Komisi B

Beranggotakan 12 orang, komisi ini membidangi keuangan. Tugasnya fokus pada pendapatan daerah, pembelanjaan, penganggaran, dan pengelolaan kekayaan serta aset daerah.

Komisi C

Walau jumlahnya paling sedikit, hanya 10 orang, tapi komisi C membidangi hal yang krusial: pembangunan. Fungsi yang diemban oleh komisi ini yaitu fungsi perencanaan, pembangunan, pekerjaan umum, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Komisi D

Bidang kesejahteraan rakyat menjadi tanggung jawab komisi ini. Kesehatan, agama, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, budaya, dan olah raga adalah isu-isu yang menjadi fokusnya.

Respati Agus Sasangka

Caleg nomor urut dua dari PAN Dapil Gamping-Mlati ini pernah menjadi anggota komis C di DPRD Kab. Sleman. Lelaki dengan aura penyayom ini juga pernah menjadi pansus untuk pembentukan Peraturan Daerah tentang Anak Jalanan, Pemberdayaan Usaha Mikro, dan Pengelolaan Air Limbah Domestik.

Baca juga cara urus form A5 untuk perantau

Jika mendapatkan kepercayaan menjadi anggota DPRD Kab. Sleman periode 2019-2024, Respati hendak mengangkat isu transparansi, kesetaraan gender, dan lingkungan, demi Sleman yang lebih nyaman.

superadmin