3 Desa Wisata Berbasis Lingkungan yang Nyaman di Sleman

Desa wisata kini menjadi primadona sebagai tempat berlibur untuk keluarga bahkan kolega. Syarat menjadi desa wisata adalah memiliki potensi yang dapat ditonjolkan dan jarang ada ada di tempat lain.

Desa wisata di kab. Sleman ini memiliki konsep yang berbeda dari lainnya karena menjadikan edukasi berbasis lingkungan sebagai ciri khasnya. Berikut, desa wisata berbasis lingkungan yang dapat dijadikan refrensi untuk liburan di Sleman.

Desa Wisata Sidoakur

sidoakur - desa wisata di sleman

Desa wisata berbasis lingkungan yang pertama bernama Sidoakur. Desa ini punya nuansa alam pedesaan yang begitu terasa. Selain alam pedesaan, banyak hal lain yang bisa kita dapat di Desa Wisata Sidoakur ini.

Aktivitas yang dapat dilakukan di sini di antaranya yaitu pelatihan pengelolaan lingkungan dan sampah, bertani organik pada lahan sempit, berkebun, beternak, membuat jamu herbal, kerajinan bambu, kompos, dan kerajinan dari limbah semisal topeng dari sabut kelapa.

Apabila menginap (live in) kita akan dikenalkan pada berbagai kesenian tradisional yang masih dilestarikan penduduk setempat. Gejog lesung, kethoprak lesung, macapat, panembrama, jathilan, hadroh, dan salawatan adalah kesenian yang hidup di tengah masyarakat Desa Wisata Sidoakur.

Jangan lupa juga nikmati aneka sajian kampung yang khas semisal lepet jagung, nasi megono, serta wedangan yang membuat tubuh hangat serta semangat.

Terdapat 20 rumah warga yang biasa difungsikan sebagai homestay yang bisa ditinggali hingga 100 orang. Selain itu, Desa Wisata Sidoakur juga memiliki lahan parkir yang luas dan sarana untuk outbound sehingga sangat cocok untuk menjadi tempat menyelenggarakan acara besar.

Alamat : Jalan Godean KM. 8, Sidokarto, Godean, Jetak II, Sidokarto, Sleman,  Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kontak : M Jayuri (085743922950)

 Andi Irawanto (081804241242)

 Kasijo (081931182837)

Desa Wisata Sukunan

Sukunan - desa wisata di sleman

“Kita tidak mewarisi bumi dari nenek moyang, melainkan meminjam dari anak-cucu kita.”

Kalimat itulah yang menjadi pegangan warga Desa Wisata Sukunan untuk terus menjaga lingkungan. Desa ini punya pengelolaan sampah yang begitu keren. Tentu saja, ada proses panjang yang perlu dilewati.

Desa Wisata Sukunan dirintis sejak tahun 2003.  Australian Consortium for In Country Indonesia (ACICIS) adalah lembaga yang berperan besar dalam mendukung kegiatan pengelolaan sampah lokal. Sekarang, warga setempat telah bisa mengelola sampah secara mandiri dengan menjadikannya kerajinan dan pupuk organik.

Sebagai desa wisata, Desa Sukunan menawarkan paket berupa pelatihan pengolahan sampah mandiri, pembuatan kerajinan dari sampah plastik dan kain perca, pelatihan pembuatan kompos, hingga atraksi budaya lokal semisal angon bebek, membajak sawah, menanam benih, hingga memanen padi.

Bagi yang ingin menginap, di Desa Wisata Sukunan juga tersedia fasilitas homestay dengan pengalaman kehidupan pedesaan, Sangat cocok bagi anda untuk melepas kepenatan yang menyelimuti kehidupan perkotaan.

Alamat : Sukunan, Banyuraden, Gamping, Area Sawah, Banyuraden, Sleman,  Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kontak : +62 274 621 739,

 +62 815 7875 5703 (Iswanto),

 +62 274 303 3111 (Harti)

  order.sukunan@yahoo.com

Desa Wisata Ledoknongko

Ledoknongkok - desa wisata di sleman

Membicarakan Sleman tak lengkap rasanya bila tak membicarakan salak. Salak, buah berdaging putih yang memikat itu jadi andalah di Desa Wisata Ledoknongko.

Berbeda dengan salak di desa wisata lainnya. Salak yang ditanam di Desa Wisata Ledoknongko ini menggunakan sistem pertanian organik, dalam artian tidak memakai hal-hal yang berbahan dasar kimia sama sekali.

Buktinya, salak dari desa ini telah memiliki sertifikat resmi sehingga dapat dipasarkan ke luar negri seperti Tiongkok. Bukan itu saja, saking berkualitisnya, salak dari Desa Wisata Ledoknongko memiliki julukan si Cantik.

Jika berkunjung ke sini. Para wisatawan akan mendapat suguhan berupa aneka kuliner berbahan dasar salak, mulai dari dodol, manisan, souvenir, hingga oseng-oseng salak yang rasanya begitu nikmat.

Para pengunjung juga dibebaskan untuk masuk ke kebun salak dan belajar cara budidaya salah langsung dari ahlinya.

Alamat : Ledoknongko, Bangunkerto, Turi, Sleman


Kontak : Misroji 085729061222


demikian 3 Desa Wisata di Sleman yang bisa kamu kunjungi. baca juga artkel berikut ya


 

Indonesia Travel Logo

Respati Agus Sasangka mendukung Visit Indonesia 2019 

superadmin
Leave a Reply