Tips Cara Mudah Bangun Pagi ala Respati Agus Sasangka

Tips Cara Mudah Bangun Pagi ala Respati Agus Sasangka. Dulu, saya mengalami sulit bangun pagi. Saking sulitnya, teman-teman saya bilang kalau saya seperti orang mati jika tidur. Tentu saja, hal itu mengganggu aktivitas saya sehari-hari. 

Hingga akhirnya saya mendapat saran dari Respati Agus Sasangka. Saran itu didapat karena saya sering telat ketika harus bertemu beliau. Bayangkan, saya yang biasanya bangun jam 8 pagi, harus berusaha bangun jam 6 karena jarak kosan dan rumah beliau dapat dikatan jauh.

Saat ini, hampir setiap hari saya bangun jam 5 pagi, bahkan jika aktivitas tidak menumpuk, saya bisa bangun pas azan subuh berkumandang. Tentu saja, hal ini butuh perjuangan dan disiplin, tapi saya pikir cara-cara yang saya jalankan seharusnya dapat dilakukan oleh semua orang.

Berikut saran agar bisa bangun pagi dari Respati Agus Sasangka yang saya jalankan.

Niat Bangun Pagi

Tips Cara Mudah Bangun Pagi ala Respati Agus Sasangka

Cara Mudah Bangun Pagi  yang pertama adalah niat. Niat adalah yang paling penting. Memberikan motivasi pada tubuh sebelum tidur seperti “Saya bangun jam 5, bangun jam 5, bangun jam 5…” adalah hal yang paling awal saya lakukan.

Tidak akan mungkin sesuatu dapat dilakukan dan konsisten apabila tidak dibarengi niat yang kuat. Lebih bagus lagi apabila niat itu diiringi dengan motivasi tinggi, menjemput rezeki di pagi hari misalnya.

Tidak Kenyang dan Tidak Lapar sebelum tidur

Cara agar bisa bangun pagi yang kedua adalah konsumsi makanan. Saya tidak makan makanan berat lebih dari jam 9 malam. Jika pun terpaksa, saya biasanya hanya makan biskuit saja.

Tips Cara Mudah Bangun Pagi ala Respati Agus Sasangka

Makan makanan berat sebelum tidur itu tidak baik. Walau bisa membuat cepat mengantuk, tapi hal ini membuat organ pencernaan kita yang seharusnya istirahat malah bekerja ketika kita tidur. Efeknya, tidur kita tidak nyenyak hingga bangun dalam keadaan tubuh tidak segar.

Perut lapar saat tidur pun bisa menimbulkan masalah, sebab bisa jadi kita kekurangan gula darah sehingga bangun dalam kondisi lemas. Akhirnya malah lebih sulit bangun pagi.

Jadi, yang terpenting adalah makan malam dengan porsi serta waktu tepat. Coba deh. Satu lagi, usahakan juga untuk minum segelas air putih sebelum dan sesudah tidur.

Mempersiapkan Semuanya Sebelum Tidur

Cara agar bisa bangun pagi yang kedua adalah mempersiapkan semuanya sebelum bangun tidur. Apa hubungannya? Ya, agar ketika bangun kita dalam keadaan tenang sebab segala hal telah beres.

Sebelum tidur, saya terbiasa untuk mencuci semua alat makan saya yang kotor, menyiapkan pakaian dan peralatan kantor, membersihkan kamar kos, dan menyediakan segelas air putih.

Hal di atas memang cukup ribet dan sedikit melelahkan, tapi berkat itu ketika saya bangun, setelah minum air putih, saya bisa langsung membuka jendela dan pintu kamar lalu memasak sesuatu untuk sarapan.

Selanjutnya, saya akan menikmati pagi dengan ditemani secangkir kopi dan sedikit musik. Sungguh pagi yang indah.

Memasang Alarm Sebagai Kesungguhan Ingin Bangun Pagi

Awal-awal, saya menyetel alarm di gawai hingga belasan kali. Tapi ini hanya di awal, setelahnya saya bisa bangun tanpa itu. Letak alarm saya jauhkan dari tempat tidur, tapi dekat dengan segelas air putih. Maka ketika bangun, saya langsung minum saat hendak mematikan alarm. Hal ini membantu sekali. 

Menyingkirkan ponsel dari kasur

Menurut saya, alangkah lebih baik menyingkirkan ponsel sejauh-jauhnya sebelum tidur. Biasanya di tempat tidur saya memainkan ponsel hanya untuk bermedia sosial, dan itu menghabiskan serta membuang waktu istirahat saya.

Menjauhkan dan mematikan koneksi internet ponsel akan membantu otak kita memasuki jam istirahat. Mode istirahat ini, bila dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan hingga kita akan cepat mengantuk dan terhindar dari insomnia.

Olahraga Rutin

Cara agar bisa bangun pagi yang terakhir adalah dengan berolahraga rutin. Ini tidak bohong, olahraga bisa membuat tubuh kita sehat sehingga kualitas tidur akan membaik. Biasanya saya melakukan olahraga ringan sebelum tidur dan setelah mandi. Semacam senam yang diajarkan sejak kita masih TK, tidak lama, hanya 5 menit saja.

Tips Cara Mudah Bangun Pagi ala Respati Agus Sasangka

Selain itu, saya juga biasa naik sepeda untuk berangkat kerja, dan menurut saya itu sudah termasuk olahraga. Bagi yang terlalu sibuk dan tidak sempat untuk olahraga, mungkin bisa diganti dengan banyak bergerak, seperti berjalan kaki atau kegiatan fisik mudah lainnya. Atau olah raga berat seperti basket atau futsal.

Demikian artikel Tips Cara Mudah Bangun Pagi ala Respati Agus Sasangka. Semoga bermanfat untuk yang suka molor kayak kamu yaa. semangat pagiii!!

Tinggalkan Balasan