5 Candi di Sleman yang Menawan Abis

Berwisata tidak melulu harus ke tempat terkenal. Berkunjung ke tempat yang memiliki sejarah juga asik. Contohnya adalah candi. Sleman memiliki banyak candi keren yang bisa dijadikan tempat pelipur lara. Gak usah banyak basa-basi yah. Silahkan dipilih mau ke mana liburan ini. Ini candi di Sleman keren yang bisa kamu kunjungi.

Apa saja Candi di Sleman yang Keren?

Candi Ijo di Prambanan

Candi Ijo di sleman - 5 Candi di Sleman yang Menawan Abis

Berada di ketinggian 425 mdpl, kawasan candi keren yang satu ini punya pemandangan luar biasa. Kita bisa melihat sebagian Yogyakarta dari sini, indah sekali melihatnya dari ketinggian.

Candi Ijo seperti namanya, penuh nuansa hijau. Kamu akan disuguhi lapangan hijuau yang di pusatnya berdiri gagah sebuah candi. Jika berutung, datanglah sore hari, di sini kamu bisa menikmati momen ketika matahari hendak kembali ke peraduan.

Cahaya kekuningan itu seakan-akan memandikan candi bercorak hindu ini. Berkat itu, ada nuansa epik yang kental, yang seakan-akan menghipnotismu  untuk mengabadikannya dan tak mau keadaan ini lekas berakhir.

Tempat : Kikis, Sambirejo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of  Yogyakarta

Jam : 06.00-18.00

Harga : RP. 5.000

 

Candi Sambisari di Kalasan

Sambisari di Sleman - 5 Candi di Sleman yang Menawan Abis

Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini memiliki keunikan tersendiri. Pengunjung harus menuruni tangga setelah melewati loket masuk karena Candi Sambisari berada sekitar 6,5 m lebih rendah dari tanah desa di sekitarnya. Dari loket, kamu sudah bisa melihat bangunan candi dengan latar padang rumput yang luas.

Candi keren ini sangat pas untuk selfie, atau berfoto bersama kawan-kawan. Tempatnya pun bersih terawat, karena sampah dibersihkan secara rutin oleh petugas sehingga akan ada rasa malu jika kamu buang sampah sembarangan.

Lokasi : Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sambisari,  Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa   Yogyakarta

Jam : 07.00-17.00 WIB


Tiket : Rp. 5.000

 

Candi Kalasan, Sleman

Candi Kalasan di Sleman

Candi keren satu ini punya luas 45 meter dengan tinggi sekitar 34 meter. Megah dan mewah, begitulah kesan yang didapat ketika meilhat Candi Kalasan yang jaraknya tak jauh dengan pusat keramaian Yogya ini.

Candi yang dibangun untuk Dewi Tara ini memiliki relief terbaik pada zamannya. Kamu bisa melihat pahatan pohon dewata dan awan serta penghuni khayangan yang sedang memainkan alat bunyi-bunyian.

Terdapat pula relief yang menggambarkan penghuni kayangan yang membawa rebab, kerang, dan camara. Ada juga relief daun-daunan, sulur-suluran, dan kuncup bunga. Intinya, relief di candi kalasan memiliki estetika tersendiri dan terawat karena dahulu dilapisi semen kuno yang disebut Brajalepha. Mantap.

Tempat : Dusun Kalibening, Desa Tirtamartani, Kecamatan Kalasan,  Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Buka : 08.00-17.00 WIB


Tiket : Rp. 2.000

 

Candi Banyunibo (Back link banyunibo) di Prambanan

Candi Banyunibo di Sleman

Candi Banyunibo memiliki desain atap melengkung yang dihiasi dengan stupa soliter. Bentuknya mirip dengan bunga teratai atau atap rumah jawa kuno yang berbahan ijuk.

Kawasan candi Budha ini berada di tengah-tengah persawahan sehingga udaranya segar dan cocok sekali dijadikan tempat bersantai. Waktu yang tepat datang ke candi keren ini adalah saat sore hari. Sebabnya adalah arah Candi Banyunibo menghadap ke barat sehingga punya pemandangan sunset yang menawan.

Puas menikmati candi, kamu bisa langsung meluncur ke Pasar Digital Banyunibo yang letaknya tak jauh. Pasar ini menyediakan pengalaman berbelanja produk lokal (makanan, kerajinan tangan) yang unik, karena berbasis digital yang belum banyak hadir di tempat wisata lain.

Tempat : Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Cepit, Bokoharjo,  Prambanan, Jogjakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam :  06.00-18.00 WIB

Tiket : Rp. 5.000

 

Candi Abang di Berbah

Candi Abang di Sleman

Candi Abang adalah gundukan tanah di atas bukit. Bukit ini apabila musim penghujan akan memiliki warna hijau yang memikat.

Candi Abang begitu menarik sebab, jika biasanya candi dibangun dengan batu andesit, candi bercorak hindu ini punya kontruksi berbahan batu bata merah. Makanya disebut candi abang, atau candi merah bila dialihbahasakan.

Ada mitos yang melekat pada candi ini. Masyarakat sekitar percaya ada pelindung bernama Kyai Jagal yang akan menjaga mereka dan Candi Abang dari kerusakan. Selain itu, terdapat pula cerita bahwa di dalam tubuh Candi Abang  terpendam emas sebesar anak kerbau, menarik bukan?

Tempat : Blambangan, Jogotirto, Berbah, Sleman Regency, Special Region of  Yogyakarta


Jam : 07.00-18.00 WIB

Tiket : Gratis


Baca juga

superadmin
Leave a Reply