3 Makanan Enak Khas Sleman ini Gak Ada di Tempat Lain Loh

Membicarakan Sleman tak lengkap rasanya bila tidak membicarakan makanan. Banyak makanan enak khas Sleman yang sayang rasanya bila dilewatkan. Sayang dilewatkan karena cuma ada di Sleman loh, tak ada di daerah lain.

Banyak sebenarnya makanan enak khas Sleman yang bisa disebutkan, hanya saja, kami memilih yang paling mantap dan punya orisinalitas tersendiri. Maka tersusunlah 3 menu di bawah ini. Langsung saja, berikut makanan enak khas Sleman rekomendasi respati agus sasangka yang musti kamu coba.

3 Rekomendasi Kuliner Makanan enak khas Sleman

Entok Slenget Kang Tanir

KULINER ENTOK ATAU ITIK DI SLEMAN

Makanan enak khas Sleman yang pertama adalah Entok Slenget Kang Tanir. Enthok merupakan sejenis unggas yang dagingnya lebih alot dibandingkan dengan ayam. Slenget dalam bahasa jawa artinya menyambar. Ya, rasa makanan dari Turi ini memang amat menyambar di lidah. Mantap.

Tekstur dari enthok yang dimasak tongseng ini masih menggigit, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri. Kuahnya yang berwarna coklat, kaya akan rasa pedas cabai serta merica. Membuat saya berkeringat ketika menyantapnya.

Sama sekali tak ada aroma amis, seakan-akan kesan amis yang memang menjadi ciri khas enthok itu dilenyapkan oleh kuahnya yang agak kental.

Maka tak heran, jika masakan Entok Slenget Pak Tanir ini selalu habis terjual walau tempatnya jauh dari keramaian. Aji (24) mengaku sengaja mengajak orang tuanya yang sedang berkunjung agar bisa merasakan masakan entok yang sangat memikat ini.

“Kami sekeluarga suka kuliner, kebetulan saya sedang di jenguk. Jadi tadi, kereta baru sampai, langsung saya bawa ke sini. Untung kebagian. He he,” kata mahasiswa ISI Yogyakarta tersebut.

Tempat : Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah  Istimewa Yogyakarta

Jam : 16.00-21.00 WIB

Harga : Rp. 20.000

Jadah Tempe Mbah Carik – Maknyus

kULINER JADAH ENAK DI SLEMAN

Makanan enak khas Sleman selanjutnya adalah jadah tempe. Seperti namanya, jadah tempe terdiri dari dua hal yang kiranya saling melengkapi. Jadah, ketan putih yang ditumbuk dan dibentuk menyerupai roti burger ukuran kecil. Tempenya dibacem selama beberapa lama sehingga punya rasa manis luar dalam.

Jadah gurih dan tempe yang manis adalah perpaduan sempurna untuk menikmati sore sambil ditemani teh gula batu. Bila suka pedas, memakan jadah tempe yang diapit seperti burger ini juga mantap dilahap dengan cabai. Sensasi pedasnya bikin camilan ini begitu menggugah.

Jadah Tempe mbah Carik punya cerita tersendiri. Katanya, gurih dan manis dari jadah tempe buatan Sastro Dimono (Mbah carik) ini sangat disukai oleh Sultan Hamengkubowon IX, bahkan katanya hingga membuat beliau ketagihan. Maka dari itu, jadah tempe mbah carik mahsyur sebagai penganan sultan dan kerabat keraton.

Tempat : Jl. Kaliurang KM.12,5, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik,  Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam : 08.00-21.00 WIB

Harga : Rp. 10.000 (5 jadah, 5 tempe)

Tongseng Kopyok Mbah Ganis

KULINER TONGSENG KOPYOK ENAK DI SLEMAN

Warung makan ini terletak di Terminal Tlogo Putri, dengan interior yang khas penuh kerajinan kayu. Menu yang disajikan mirip dengan warung di sekitarnya, namun yang paling unik adalah tonseng kopyok dan tonseng awul yang hanya bisa ditemukan di Warung Mbah Ganis. Tongseng kopyok dimasak seperti tongseng biasa, namun dagingnya ditusuk seperti sate dan ditambah kopyokan telur. Tongseng awul juga menggunakan kuah tongseng biasa, tapi ditambah kwetiauw kenyal dan tambahan sayur yang lebih banyak. Kedua tongseng ini menggunakan daging kelinci, namun kamu juga bisa memesan daging ayam atau kambing.

Tempat : Kawasan Wisata Tlogo Putri, Jalan Tlogo Putri, Kaliurang, Pakem,  Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah  Istimewa Yogyakarta 

Jam : 08.00-02.00 WIB

Harga : Rp. 17.500 (tongseng)

demikian Makanan Enak Khas Sleman yang bisa kamu kunjungi. baca juga artkel berikut ya


 

Indonesia Travel Logo

Respati Agus Sasangka mendukung Visit Indonesia 2019 

superadmin