3 Fungsi DPRD yang mungkin belum kamu tahu

DPRD adalah lembaga perwakilan rakyat daerah yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah kabupaten atau kota. Kepanjangan dari DPRD adalah Dewan Perwakilan Daerah.

Tugas DPRD yaitu membentuk peraturan daerah yang dibahas bersama bupati/walikota untuk mendapat persetujuan kolektif yang nantinya akan diberlakukan kepada masyarakat.

Selain itu, DPRD juga memiliki fungsi yang penting kaitannya dengan kehidupan masyarakat tingkat kabupaten/kota. Fungsi DPRD adalah sebagai berikut.

  1. Fungsi Legislasi


Fungsi legislasi DPRD yaitu membentuk peraturan daerah bersama kepala daerah. Fungsi legislasi sangat penting mengingat berkaitan langsung dengan percepatan regulsasi-regulasi yang seharusnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Sebagai perwakilan rakyat, seharusnya DPRD menyusun kebijakan yang bersifat adaptif dan berkorelasi dengan kebutuhan masyarakat. Bila hal tersebut dapat dipraktikan, bisa dipastikan kesejahteraan bukanlah utopia belaka.

  1. Fungsi Anggaran


Fungsi anggaran DPRD adalah wewenang untuk menyusun anggaran daerah (APBD). DPRD dan kepala daerah akan menyusun sekaligus menetapkan APBD setiap tahun.

APBD menjadi hal yang paling krusial dan sensitif dalam sebuah pemerintahan karena sifatnya yang mudah dimanipulasi sehingga rentan dikorupsi. Bisa dilihat di berita, tak hanya satu penjabat daerah yang terperosok karena main api dengan APBD.

Baca juga cara urus form A5 untuk perantau

Maka, dibutuhkan individy yang jujur guna mengemban tugas sebagai DPRD.

  1. Fungsi Pengawasan


Fungsi pengwasan adalah kewenangan DPRD untuk mengontrol perda dan peraturan lain yang telah disahkan. Di antara ke-3 fungsi DPRD, fungsi pengawasan mungkin adalah yang paling sepi dari lensa media.


Padahal, fungsi pengawasan merupakan faktor penting demi stabilnya sebuah pemerintahan. Fungsi pengawasan juga bertujuan untuk mengembangkan kehidupan demokrasi, keterwakilan masyarakat, dan mengembangkan mekanisme checks and balances.


Dibutuhkan anggota DPRD yang mau mendengarkan, yang dekat dengan masyarakat sekitar agar fungsi pengawasan lebih optimal. Hal itu perlu dilakukan karena masyarakatlah yang merasakan dan menerima segala kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintahnya.

Respati Agus Sasangka, selaku Caleg No. 2 DPRD Sleman merupakan orang yang tepat untuk menjalankan 3 fungsi DPRD tersebut. Hal ini didasarkan pada Respati Agus Sasangka memiliki sifat kritis, cerdas, jujur, dan mau mendengarkan. Hal tersebut berkorelasi dengan visinya untuk menjadi wakil rakyat yang optimal dan dekat dekat dengan rakyat.

Sumber :

https://media.neliti.com/media/publications/19537-ID-tugas-dan-wewenang-badan-anggaran-dprd-kota-bekasi-dalam-penyusunan-anggaran-pen.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/146331-ID-fungsi-pengawasan-dprd-dalam-mewujudkan.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/123557-ID-pelaksanaan-fungsi-dewan-perwakilan-raky.pdf

This Post Has 3 Comments

Tinggalkan Balasan